Mengenal Sistem Keamanan Pada WiFi (WEP, WPA, WPA2)

Mengenal Sistem Keamanan Pada WiFi (WEP, WPA, WPA2) - Algoritma keamanan WiFi telah melalui banyak perubahan dan peningkatan sejak tahun 1990 untuk menjadi lebih aman dan efektif. Berbagai jenis protokol keamanan nirkabel dikembangkan untuk perlindungan jaringan nirkabel di rumah. Protokol keamanan nirkabel WEP, WPA, dan WPA2, memiliki fungsi yang sama namun memiliki tingkat keaman yang berbeda sesuai kebutuhan.

Protokol keamanan nirkabel/Wireless tidak hanya mencegah pihak yang tidak diinginkan terhubung ke jaringan nirkabel/wireless/wifi Anda, tetapi juga mengenkripsi data pribadi Anda yang dikirim melalui gelombang udara.

Mengenal Sistem Keamanan Pada WiFi (WEP, WPA, WPA2)
Tetapi sehebat apapun sistem keamanan nirkabel/wireless/wifi, tidak bisa digunakan untuk melindungi jaringan yang masuk melalui kabel/wired.

Mari kita lihat lebih dekat protokol keamanan nirkabel WEP, WPA, dan WPA2.

WEP. Wired Equivalent Privacy
Sistem keamanan wireless ini bersifat standar, mudah dibobol dan susah dalam melakukan konfigurasi, saat ini sistem keamanan wireless WEP ini sudah mulai ditinggalkan/tidak dipakai.

WEP dikembangkan untuk jaringan nirkabel dan disetujui sebagai standar keamanan Wi-Fi pada September 1999. WEP seharusnya menawarkan tingkat keamanan yang sama seperti jaringan kabel, namun ada banyak masalah keamanan terkenal di WEP, yang juga mudah untuk dibobol dan sulit dikonfigurasi.

WPA. Wi-Fi Protected Access
Peningkatan sementara untuk sistem keamanan WEP. Namun dengan menggunakan sistem keamanan ini jaringan wireless ini Mudah putus walaupun lebih mudah dalam segi konfigurasi.

Untuk saat ini standar keamanan nirkabel 802.11i sedang dalam pengembangan, WPA digunakan sebagai peningkatan keamanan sementara untuk WEP. Satu tahun sebelum WEP secara resmi ditinggalkan, WPA secara resmi diadopsi. Sebagian besar aplikasi WPA modern menggunakan kunci pra-berbagi (PSK), paling sering disebut sebagai WPA Personal, dan Temporal Key Integrity Protocol atau TKIP (/ tiːˈkɪp /) untuk enkripsi. WPA Enterprise menggunakan server otentikasi untuk pembuatan kunci dan sertifikat.

WPA adalah peningkatan yang signifikan dari WEP, tetapi karena komponen inti dibuat sehingga dapat diluncurkan melalui peningkatan firmware pada perangkat yang mendukung WEP, WPA masih mengandalkan elemen yang dieksploitasi.

WPA, seperti WEP, setelah melalui proof-of-concept dan demonstrasi publik yang diterapkan ternyata cukup rentan terhadap gangguan. Serangan-serangan yang merupakan ancaman paling besar terhadap protokol tersebut bukan yang langsung, tetapi yang dilakukan pada Wi-Fi Protected Setup (WPS) - sistem bantu dikembangkan untuk menyederhanakan menghubungkan perangkat ke titik akses modern.

WPA2. Wi-Fi Protected Access versi 2
Protokol berbasis standar keamanan nirkabel 802.11i diperkenalkan pada tahun 2004. Peningkatan WPA2 yang paling penting atas WPA adalah penggunaan Standar Enkripsi Lanjutan (AES). AES disetujui oleh pemerintah AS untuk mengenkripsi informasi yang diklasifikasikan sebagai rahasia, jadi harus cukup baik untuk melindungi jaringan rumah.

Namun Kelemahan sistem WPA2 adalah ketika penyerang sudah memiliki akses ke jaringan WiFi yang aman dan dapat memperoleh akses ke kunci tertentu untuk melakukan serangan pada perangkat lain di jaringan nirkabel kita.

Sayangnya, kemungkinan serangan melalui Wi-Fi Protected Setup (WPS), masih tinggi di jalur akses yang memiliki akses WPA2 saat ini, yang juga merupakan masalah dengan WPA. Dan meskipun membobol jaringan aman WPA / WPA2 melalui celah ini akan memakan waktu sekitar 2 hingga 14 jam itu masih merupakan masalah keamanan yang nyata dan WPS harus dinonaktifkan.

Itulah pengertian singkat dan jelas tentang sistem keamanan atau security system jaringan wireless, wifi.

Baca Juga :
Sistem Keamanan Yang Bagus Untuk Jaringan WiFi Anda
Mengenal WPA3 (Wi-Fi Protected Acces Versi 3
Penyebab Sinyal Wifi Lemah
MENGETAHUI KARAKTER SINYAL WIFI (WIRELESS RADIO)
SEJARAH DAN PENGERTIAN WIRELESS (WIFI)

Penelusuran Terkait : Mengenal Sistem Keamanan Pada WiFi (WEP, WPA, WPA2), pengertian WPA, pengertian WEP, pengertian WPA2, perbedaan WPA dan WEP, cara bobol wifi WPA, cara bobol wifi WEP, cara bobol wifi WPA2, mengetahui password wifi WEP, mengetahui password wifi WPA, mengetahui password WiFi WPA2, sistem keamanan yang bagus untuk jaringan wifi kita, cara setting WPA, cara setting WPA2, cara setting WEP, agar WPA2 tidak mudah dibobol, agar WEP tidak mudah dibobol, cara agar WiFi kita aman. WPA3, pengertian WPA, protokol WPA3.

Inilah Pengertian Singkat Tentang (WEP, WPA, WPA2)